Iwan Fals - Sarjana Muda




Melalui album Sarjana Muda yang diluncurkan pada awal dekade 1980-an, nama Iwan Fals mulai mencuat dalam belantika musik Indonesia. Di tengah suburnya lagu-lagu cengeng, Iwan Fals dengan lirik-lirik kritisnya yang mengungkap realitas sosial di sekitarnya membawa suasana baru dan angin segar bagi permusikan tanah air. Fakta-fakta sosial tersebut diejawantahkan ke dalam syair-syair yang mengalir, jujur, dan sarat dengan makna yang layak untuk dikontemplasikan.

Karya yang disodorkan Iwan Fals tak hanya khas dalam hal lirik saja, tapi juga dalam hal olah vokal dan sajian musik. Warna balada dengan sentuhan country pada beberapa lagu sangat cocok dengan suara Iwan yang berat melengking.

Album yang boleh dikatakan sebagai album solo Iwan Fals yang perdana ini aransemen musiknya digarap oleh Willy Soemantri, dengan dibantu Luluk Purwanto, Amir Katamsi, Herry Anggoman, dkk. Musisi ternama ini juga dipercaya untuk menggarap beberapa album Iwan berikutnya. 

Sedangkan, lagu yang tersaji dalam album ini adalah: Sarjana Muda, Guru Oemar Bakri, Bung Hatta, Doa Pengobral Dosa, Si Tua Sais Pedati, Ambulance Zig-Zag, Dua Dua Januari, Puing, Yang Terlupakan, Bangunlah Putera Putri Ibu Pertiwi.

Sementara perusahaan rekaman yang menaungi album ini adalah Musica Studio. Seperti juga Willy Soemantri, Musica Studio juga banyak menggarap album-album Iwan berikutnya.
Dari album Sarjana Muda banyak lagu yang menjadi hits hingga kini. Lagu yang dirasa paling mencuat adalah Oemar Bakri, Sarjana Muda, Hatta, dan Ambulance Zigzag.

Semua lagu ciptaan Iwan Fals
  1.  SARJANA MUDA
  2.  GURU OEMAR BAKRI
  3.  BUNG HATTA
  4.  DOA PENGOBRAL DOSA
  5.  SI TUA SAIS PEDATI
  6.  AMBULANCE ZIG ZAG
  7.  22 JANUARI 1999
  8.  PUING
  9.  YANG TERLUPAKAN
  10. BANGUNLAH PUTRA PUTRI PERTIWI


Download Full Album Iwan Fals - Sarjana Muda